PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN NUR TANGKIT MUARO JAMBI
Main Authors: | Febry Ana, TF120857, AR, Nasrun, Wirman, Rahmi Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/953/1/TF.120857_Febry%20Ana_Tadris%20Fisika%20-%20sandi%20kurnia.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/953/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu pada materi cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimen-Posttest-Only Control Group Design, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling. Penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T-test yang memperoleh 2,02 < 3,27 > 2,71 pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Juga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode demonstrasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil penjelasan Tabel Korelasi Phi yang memperoleh 0,288 < 0,475 > 0,372 pada taraf signifikan 5% dan 1%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA Terpadu terutama pada materi cahaya.