PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEGIATAN LABOR UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 02 MUARA TEMBESI

Main Authors: Nur Fatona Ria, TF130982, Rizalman, , Abdurrahim,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/952/1/TF.130982_Nur%20Fatona%20Ria_Pendidika%20Fisika%20-%20bk%20-%20asni%20yuliani.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/952/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Berbasis labor untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa di Madrasah Aliyah Negeri 02 Muara Tembesi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran problem Based Learning (PBL). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tekniktes. Peneliti menemukan bahwa pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Labor berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Fisika siswa di Madrasah Aliyah Negeri 02 Muara Tembesi. Hasil nilai rata-rata ulangan pada prasiklus yang didapat dari guru mata pelajaran yaitu 54.Dari analisa data menggunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermen didapatkan pada siklus I nilai rata-rata yang dihasilkan sebesar 73 dengan siswa yang tuntas sebesar 70% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam kategori Aktif. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 80 dengan siswa yang tuntas sebanyak 85% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan walaupun masih berada dikategori aktif. Pada siklus lanjutan (siklus III) nilai rata-rata yang dihasilkan meningkat kembali menjadi 85 dengan siswa yang tuntas sebesar 92% dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajran menjadi Sangat Aktif. yang membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Labor memberi efek yang besar terhadap Kompetensi Fisika siswa dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru di Madrasah Aliyah Negeri 02 Muara Tembesi. Hasil Penelitian menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Labor dalam kegiatan pembelajaran Fisika.