EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL) DENGAN PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM
Main Authors: | Muhammad Ahir, TF140567, Junaid, M., Rustan, Rustan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/948/1/TF.140567_MUHAMMAD%20AHIR_PENDIDIKAN%20FISIKA%20-%20ahir%20muhammad.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/948/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi Kelas X pada materi gerak lurus GLB dan GLBB. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas Kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi dan tes. Soal tes tersebut digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik gain skor. Hasil pengelolahan data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 70,62% dan yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 59,06%. Standar deviasi yang menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 10,487%, dan yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI sebesar 7,861%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika yang menggunakan metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran SAVI, adanya perbedaan hasil belajar ini juga terbukti melalui pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu t tabel = 2,02 < t hitung = 3,96 > t tabel = 2,70. Karena hasil uji hipotesis penilaian diperoleh t tabel = 5% , t hitung > t tabel = 1%, sehingga H 0 ditolak H a diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran SAVI efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.