PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI FLUIDA STATIS BERBASIS FOCUSKY MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI)
Main Authors: | Siti Aisyah, TF140589, Junaid, , Kafrita, Nova |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/941/1/TF140589_%20SITI%20AISYAH_TADRIS%20FISIKA-ilovepdf-compressed%20-%20Siti%20Aisyah.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/941/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Fisika berbasis Focusky menggunakan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI)yang valid, efektif, dan praktis pada pokok bahasan Fluida statis dikelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek penelitian ini terdiri atas 10 siswa kelas XII IPA 3 dan 38 siswa kelas XI IPA 7 di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Jambi. Data validitas oleh dosen dan guru Fisika diperoleh melalui angket. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui post-test. Sedangkan hasil respon guru dan siswa diperoleh dari angket respon. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara kuantitatif. Teknik analisis secara kuantitatif untuk mengalisis penilaian validator, hasil belajar siswa, dan hasil angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah. 1) media pembelajaran berbasis Focusky dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI)dapat diterapkan dalam pembelajaran Fisika berada dalam kategori sangat Praktif. 2) hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Focusky dengan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) dengan persentase sebesar 81,57% berada dalam kategori sangat efektif.