PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL – IHSANIYAH DESA SARANG BURUNG KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: Kesi Nopianti, TM110477, Asiah, Siti, Muhammad, Habib
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/922/1/TM%20110477%20Kesi%20Nopianti%20Pendidikan%20Matematika%20-%20kesi%20nopianti.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/922/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh strategi pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al – Ihsaniyah Desa Sarang Burung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Postest-only Control Design, dan pengumpulan data dilakukan dengan posstest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Mts Al– Ihsaniyah Muaro Jambi. Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen yang menerapkan Strategi Pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al – Ihsaniyah Muaro Jambi lebih baik dari pada menggunakan konvensional, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 77,08 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 63,32. Hal ini juga dibuktikan dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII yang terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran problem based learning hasil belajar matematika siswa MTS Al – Ihasaniyah Muaro Jambi, yaitu