PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 39 KABUPATEN TEBO
Main Authors: | Puput Hidayanti, TM130865, Hidayat, Hidayat, Gusmira, Eva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/907/1/TM130865_Puput%20Hidayanti_Pendidikan%20Matematika%20%282%29%20-%20Puput%20Hidayanti.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/907/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 39 Kabupaten Tebo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari tiga variabel (X, Y1 danY2). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengambilan angket dan soal. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C dengan menggunakan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terdapat pengaruh antara motivassi dan hasil belajar siswa diperoleh rhitung = 0,8008 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,456 dan taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel = 0,575 , dengan demikian 0,456 < 0,8008 > 0,575 . Sehingga Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran brain based learning dengan motivasi siswa. Untuk rtabel = 0,891 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,456 dan taraf signifikansi 1% diperoleh Rtabel = 0,57 , dengan demikian 0,456 < 0,891 > 0,575 . Sehingga Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh antara model Brain Based Learning dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menegah Pertama Negeri 39 Kabupaten Tebo.