PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI

Main Authors: Milisri, TM140731, Usmar, Ali, Meslita, Rima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/902/1/TM140731%20MILISRI%20FAKULTAS%20TARBIYAH%20DAN%20KEGURUAN%20%20-%20milisri%20milisri.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/902/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling yang berjumlah 60 siswa. Materi dalam penelitian ini adalah materi segitiga dan segiempat yang berlangsung sebanyak 7 kali pertemuan. Sebelum diberi perlakuan penulis melakukan pretest (kelas kontrol). Dari kelas kontrol tersebet diperoleh nilai tertinggi 86, nilai terendah 36 dan standar deviasi 15,27. Setelah sampel diberikan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (kelas eksperimen) diperoleh nilai tertinggi 96, nilai terendah 50 dan standar deviasi 12,19. Setelah kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan, maka data tersebut dilakukan uji “t” dengan nilai thitung = 3,688 dan setelah membandingkan antara thitung dengan ttabel, ternyata thitung >ttabel pada taraf signifikan 1% maupun 5% atau 2,002  3,688  2,656. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.