UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL HIDAYAH TALANG BAKUNG KOTA JAMBI
Main Authors: | M. Ilham Nasution, TP130 697, Karim, Hasnidar, Nasir, Nasir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/893/1/TP130697_%20M.%20ILHAM%20NASUTION_PAI%20-%20Ilham%20Nasution.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/893/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Fiqih Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Hidayah Talang Bakung Kota Jambi. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, peneliti berperan langsung sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis data dan sekaligus pelapor data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara. Hasil penelitian pada skripsi ini adalah pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Hidayah Talang Bakung Kota Jambi berjalan dengan baik dan lancar karena sebelum mengajar guru terlebih dahulu menyiapkan silabus, RPP, dan sebagainya. Bentuk-bentuk kesulitan belajar pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Hidayah Talang Bakung Kota Jambi adalah lemahnya daya serap siswa terhadap materi pelajaran, keadaan ekonomi keluarga, kelemahan fisik dan kurangnya perhatian siswa dalam belajar. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Hidayah Talang Bakung Kota Jambi adalah menciptakan pembelajaran lebih menarik, menggunakan metode mengajar yang bervariasi, menyelesaikan masalah belajar siswa, dan penataan posisi tempat duduk para siswa.