PENERAPAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 33/IV KOTA JAMBI
Main Authors: | Elvinawati, TPG141093, Mahluddin, Mahluddin, Fatmawati, Kiki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/890/1/TPG.141093%20ELVINAWATI%20PENDIKAN%20GURU%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20-%20Muhammad%20Kurnia.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/890/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pencapaian keaktifan belajar Tematik siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas IV dengan jumlah siswa 10 Orang yang terdiri dari 7 Orang Perempuan dan 3 Orang Laki-laki di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi, sedangkan objek penelitian adalah Model Pembelajaran Talking Stick, keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Tematik. Data diperoleh melalui instrumen pengumpulan data yaitu, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkannya model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan belajar diukur dari evaluasi dari setiap siklusnya yaitu pada pra siklus atau sebelum diadakannya tindakan nilai rata-rata siswa yaitu 35%. Kemudian setelah diadakan tindakan siklus I nilai rata rata siswa yaitu 70,5% dan sangat meningkat seperti yang diharapkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,25%. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi telah mencapai ketuntasan belajar.