PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HOLISTIK UNTUK MENINGATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 116/IV KOTA JAMBI

Main Authors: Sudarwati, TPG141165, Ahmad, Saidah, Ulfah, Siti Maria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/888/1/TPG141165%20Sudarwati%20Pendidikan%20Guru%20Madrasah%20Ibtidaiyah%20-%20Muhammad%20Kurnia.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/888/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran holistik pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 116/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart, tahapan tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru wali kelas V SD Negeri 116/IV Kota Jambi yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran holistik dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan nilai rata-rata menulis karangan narasi pada pra siklus, siklus I, siklus II. Peningkatan yang terjadi yaitu nilai rata-rata pra siklus siswa 60,57, nilai rata-rata evaluasi siklus 1 siswa meningkat 0,85 dengan rata-rata 61,42 dan pada nilai rata-rata evaluasi siklus II meningkat 53,67 dengan rata-rata 77,5.