MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL FALAH DESA SUNGAI TERAP KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Author: Tutik Maryani, TF131002
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/886/1/Tutik%20Maryani%2C%20TF%20131002%2C%20Jurusn%20Fisika%20-%20Tutik%20Maryani.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/886/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA di kelas VIIC Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Falah. Beberapa faktor penyebab yaitu kurangnya konsentrasi, banyak siswa yang mengantuk pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, banyak yang asyik mencontek hasil jawaban temannya. Model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik yang peneliti temukan berupa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Juharul Falah. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari II siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi dan Tes, yang menjadi subjek penelitian yaitu Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Falah kelas VIIC. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada ranah kognitif mulai dari 55 (kemampuan awal), menjadi 58,98 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 70,54 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIC Madrasah Tsanawiyah Jauharul Falah desa Sungai Terap Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.