PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT (STUDI DESA PULAU MELAKO KEC. BATHIN VIII KAB. SAROLANGUN)

Main Authors: Zairi Imron, UR140175, Aziz, Ishak Abd, Saripuddin,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/863/1/UR.140175_ZAIRI%20IMRON_KOMUNIKASI%20PENYIARAN%20ISLAM%20-%20birul%20walidaini%2C%20ST.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/863/
Daftar Isi:
  • Penilitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengungkapkan pelayanan humas yang terjadi dikantor Pemerintah Desa Pulau Melako, sebagai pokok permasalahan bagaimana Peran Pemerintah Desa dalam meningkatkan pelayanan masyarakat dikantor Desa Pulau Melako Kecamatan Bathin VIII, apa kendala yang dihadapi Kepala Desa dalam meningkatkan pelayanan humas dikantor Desa Pulau Melako dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kantor Desa Pulau Melako Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun. Penilitian ini menggunakan penilitian kualitatif deskriptip dan pengumpulan data yang di lakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis domain dan taksonomi. Kemudian untuk mengetahi keabsahan data, maka dilakukan dengan tehnik trianggulasi data. Dari hasil penilitian dilapangan ini menunjukkan bahwa: Peran Pemerintah Desa dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Desa belum berjalan optimal, hal ini terlihat dari pelayanan (sarana dan prasarana) yang ada di Kantor Desa Pulau Melako Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun yaitu, tidak anggaran dana yang jelas, sarana dan prasarana yang kurang memadai, tenaga kerja yang kurang prepesional. Berdasarkan temuan di lapangan, upaya yang di lakukan oleh pemerintah Desa Pulau melako dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Kantor Desa Pulau Melako Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun yaitu meningkatkan sumber daya alam (SDM), kerja sama dengan tenaga kerja , dan meningkatkan sarana dan prasarana.