UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: Taufik Kurniawan, TP130770, Aziz, Nur Azmi, Madani, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/828/1/TAUFIK%20HIDAYAT%20TPG140665%20-%20Taufik%20Hidayat.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/828/
Daftar Isi:
  • Pendidikan mengambil peran penting dalam pembangunan, karena melalui pelaksanaan kegiatan pendidikan akan terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Namun demikian, pada kenyataanya ternyata masih banyak masyarakat yang memiliki minat rendah pada pendidikan. Salah satu contohnya adalah kasus yang terjadi di Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. di derah ini banyak ditemukan anak-anak usia sekolah tetapi tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kasus terbesar adalah anak yang berhenti menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama(SMP) dan tidak melanjutkan lagi ke jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas(SMA). Berdasarkan fenomena tersebut, maka dalam skripsi ini membahas mengenai minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang hanya bersifat menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat peserta didik di Desa Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sangat rendah. Sedangkan faktor yang menghambat minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama adalah kondisi ekonomi orang tua, faktor lingkungan, dan faktor dari diri sendiri. Hasil penelitian ini menyarankan kepada orang tua dan masyarakat untuk memberikan dorongan kepada peserta didik untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.