UPAYA PEMBENTUKAN BUDAYA MEMBACA MELALUI AKTIVITAS STORY TELLING PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 54 KOTA JAMBI

Main Authors: Irsyadul Kirom, IPT101163, Yenti, Zarfina, Haqq, Athiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/810/1/IPT101163%20Irsyadul%20Kirom%20Ilmu%20Perpustakaan%20-%20Irsyadul%20Kirom.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/810/
Daftar Isi:
  • Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini yaitu kegiatan storytelling yang berfungsi untuk memperkenalkan anak-anak agar lebih mencairkan suasana dalam merangsang budaya membaca, tetapi masih sangat kurang diterapkan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalalah data primer dan data sekunder, data primer berupa data hasil wawancara dan observasi dan data sekunder dalam bentuk data-data dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa kegiatan mendongeng merupakan cara termudah, tercepat untuk membina hubungan antara guru-murid dan salah satu cara paling efektif untuk membentuk tingkah laku dikemudian hari. Kendala yang dihadapi dalam membentuk budaya membaca melalui aktivitas Storytelling diantaranya adalah kurang maksimalnya fasilitas perpustakaan dan minat siswa terhadap perpustakaan relatif kurang. Upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala dalam membentuk budaya membaca melalui aktivitas Storytelling di Sekolah Dasar Negeri 54 Kota Jambi dilakukan dengan cara memaksimalkan penerapan storytelling, mengembangkan minat membaca, dan menyediakan sarana prasarana pendukung dalam pengelolaan perpustakaan.