PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU SISWA DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JAMBI LUAR KOTA
Main Authors: | Audina, Mela, Yamin, Martinis, Wirman, Rahmi Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/780/1/MELA%20AUDINA%20TB120759%20-%20Mella%20Audina.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/780/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar ilmu pengetahuan alam terpadu Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Jambi Luar Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi-experimental yaitu posttest only control group design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik test. Peneliti menemukan bahwa kelas eksperimen (IXA) lebih baik dari pada kelas kontrol (IXB). Kelas eksperimen yang menerapkan Strategi Pembelajaran Kontekstual memperoleh nilai tertinggi 90, nilai terendah 60, dan rata-ratanya 76.97, sedangkan kelas kontrol yang tanpa menerapkan strategi pembelajaran Kontekstual yaitu dengan menerapkan strategi konvensional (metode ceramah) memperoleh nilai tertinggi 78, nilai terendah 55, dan rata-ratanya 66.5, dan terbukti bahwa nilai hasil belajar dengan penerapan strategi pembelajaran Kontekstual lebih tinggi nilainya dari nilai hasil belajar tanpa menerapkan strategi pembelajaran Kontekstual. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t peneliti menemukan bahwa dengan df = 31, melalui proses interpolasi diperoleh pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikansi 1% . Ternyata . Hal ini menunjukkan bahwa diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jambi Luar Kota. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan strategi pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu.