KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKANPENDIDIKAN UMUM DI PONDOK PESANTREN AS’AD OLAK KEMANG KOTA JAMBI

Main Authors: Danial, M, Marwazi, Marwazi, Yusuf, Mohd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/759/1/MMP.15.2.2379M.DANIAL_MPI%20-%20Danil%20Mr.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/759/
Daftar Isi:
  • Modernisasi pendidikan telah lama di kembangkan dalam sistem pondok pesantren dengan memasukkan pendidikan umum ke dam sistem pendidikan pesantren. Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang Kota Jambi melalui kepemimpinan transformasional telah memodernisasikan pendidikannya sejak tahun1960 dengan memasukkan pendidikan umum ke dalam sistem pendidikan Pondok Pesantren. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui Pengumpulan Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Penarikan Kesimpulan atau Verification. Untuk menjamin keabsahan data, maka penulis menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari pada penelitian ini yaitu Pertama, kepemimpinan transformasional Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang Kota Jambi dalam mengembangkan pendidikan umum yaitu dengan meningkatkan komitmen seluruh personil dalam sistem pondok pesantren, pemberian motivasi kepada pengelola pendidikan umum, menciftakan budaya organisasi yang harmonis dalam sistem pondok pesantren maupun dalam sistem pendidikan umum dan menempatkan menempatkan orang-orang yang berkompetensi untuk mengelola pendidikan umum yang ada dalam sistem pendidikan pesantren. Kendala dalam Kepemimpinan trasnformasional Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang Kota Jambi dalam mengembangkan Pendidikan umum yang ada dalam sistem Pendidikan Pesantren yaitu masih minimnya sarana dan prasaran untuk pendidikan umum, masih rendahnya profesionllitas dan kompetensi tenaga pendidik karena sebagian besar di fungsikan dari tenaga pendidik pondok pesantren, perubahan kurikulum dalam sistem pendidikan umum serta masih adanya interpensi kebijakan dari pimpinan Pondok Pesantren. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut yaitu mencari dana hibah baik dari pemerintah, pihak swasta maupun alumni, meningikut sertakan tenaga pendidikan kedalam pelatihan, seminar dan workhsop, mengikutsertakan guru dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan mengadakan musyarawah internal sebelum pengambilan kebijakan. Hasil yang di capai Pondok Pesantren As’ad Olak Kemang Kota Jambi dalam mengembangkan pendidikan umum dalam sistem pendidikan Pesantrennya sejauh ini telah berkembang dengan baik, hal ini terlihat dari jumlah peserta didik yang semakin meningkat, prestasi yang di capai baik dalam bidang akademik maupun non akademik dan terciftanya lulusan yang berkualitas,