KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DENGAN KOMITE MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH KECAMATAN PELANGIRAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Main Authors: Mustafa, Mustafa, Mukhtar, Mukhtar, Jalaludin, Jalaludin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/754/1/MMP.1622640_MUSTAFA_MPI%20-%20mustafa.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/754/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerja sama dengan komite Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Kecamatan Pelangiran. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengapa manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerja sama dengan komite Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Kecamatan Pelangiran belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. keterpercayaan diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah belum mampu meningkatkan kerjasama dengan komite MTs Darul Hikmah Pelangiran karena program yang ada belum berorientasi skala prioritas dimana sekala prioritasnya harus jelas dan terarah dan kemampuan sumber daya komite madrasah yang belum memadai. Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerjasama dengan komite madrasah sebagai a) Pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam kebijakan,dimana komite dapat memberikan ide ide perencaan, baik material maupun ide b) pendukung (supporting agency) finansial, pemikiran, maupun tenaga, c) pengontrol pengawas (controlling agency) dimana komite harus dapat memberikan pengawasan terhadap keberadaan sekolah bukan hanya sebagai symbol atau wadah sebagai untuk administasi sekolah, komite harus mampu memberikan suasana nyaman bagi seklah dan Bersama sekolah membangunan sekolah untuk menjadi lebih baik dan maju. dalam rangka transparansi dan akuntabilitas, dan d) penghubung antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat.