PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF LEGO DALAM PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A1 TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BAKTI 52 KOTO SALAK KABUPATEN DHARMASRAYA

Main Authors: Sumarsih, Sumarsih, Mukhtar, Mukhtar, Risnita, Risnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/731/1/mpu%201622605%20sumarsih%20piaud%20-%20suprapti%20dhar.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/731/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran anak usia dini tidak terlepas dari alat permainan, dalam hal ini alat permainan edukatif lego. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan alat permainan edukatif lego dalam mengembangkan motorik halus anak. Penelitian ini dilakukan untuk anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Islam Bakti 52 Koto Salak. Model penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model rancangan Kemmis dan Taggart dengan menggunakan 3 siklus dan masing-masing siklus menggunakan 4 langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta untuk mendapatkan persentase menggunakan skala likert. Hasil penelitian menggunakan alat permainan edukatif lego dalam mengembangkan motorik halus anak semakin meningkat yaitu pada prasiklus kemampuan anak 50%, siklus satu 59,4%, siklus dua 75% dan siklus tiga 87,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat permainan edukatif lego dapat mengembangkan motorik halus anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Islam Bakti 52 Koto Salak . Berdasarkan penelitian ini implikasi secara praktis digunakan sebagai bahan untuk membantu guru dalam pemahaman dan pengetahuan baru bagi guru sehingga guru dapat menerapkan untuk selanjutnya.