KEGIATAN BERMAIN DAN BERNYANYI DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA SAPAT KECAMATAN KUALA INDRAGIRI

Main Authors: Bangsawan, Indra, Mukhtar, Mukhtar, Risnita, Risnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/726/1/MPU.16.22602.%20INDRA%20BANGSAWAN%20_%20PIAUD%202018%20-%20Indra%20Bangsawan.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/726/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain dan bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia anak usia 5-6 tahun, fokus penelitian ini adalah kegiatan bermain dan benyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun, penelitian ini diadakan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Sapat Kecamatan Kuala Indragiri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriftif dengan mengunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian kegiatan bermain dan bernyanyi mengembangkan bahasa anak usia dini Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Sapat sudah terlaksana dengan baik hanya saja minimnya ketersediaan alat permainan edukatif atau alat peraga membuat para guru mengunakan gerak jemari anak-anak agar kegiatan mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia dini berjalan dengan baik dan lancar. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain dan bernyanyi dapat mengembangkan bahasa anak usia dini Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Sapat. Berdasarkan penelitian ini implikasi secara praktis digunakan sebagai bahan untuk membantu guru dalam pemahaman dan pengetahuan baru bagi guru sehingga guru dapat menerapkan untuk selanjutnya