PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF EGRANG BATHOK UNTUK MENINGKATKAN PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI RAUDHATUL ATHFAL B AL-ATHMAR MUARO JAMBI
Main Author: | Mustikawati, Mustikawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/725/1/MPU.162482.MASTIKAWATI%20-%20mastikawati%20tika.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/725/ |
Daftar Isi:
- Setting penelitian ini adalah di Raudhatul Athfal Al-athmart Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar melalui alat permainan edukatif egrang batok. Penelitian ini adalah peneilitan tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B Raudhatul Athfal Al-Althmar Muaro Jambi. Objek penelitian adalah perkembangan motorik kasar. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui alat edukatif permainan egrang batok kelapa dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar yaitu keseimbangan, kekuatan, dan kelincahan. Peningkatan motorik kasar dapat dilihat dari hasil penelitian. Keseimbangan pada kondisi awal sebesar 15%, pada siklus I mengalami peningnkatan keseimbangan menjadi 70%, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 100%. Kekuatan pada kondisi awal sebesar 10% pada siklus I mengalami peningkatan 65%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95%. Kelincahan anak pada kondisi awal 5% , pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 60%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90 %. Penelitian ini dihentikan karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian.