UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | Kurniawati, Yuyun, Hidayat, Hidayat, Magdalena, Rts |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/6939/1/YUYUN%20KURNIAWATI%2C%20TP.140907.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/6939/ |
Daftar Isi:
- Guru mempunyai pengaruh yang besar bukan hanya pada prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anak disekolah terhadap kebiasaan belajar pada umumnya karena dalam proses belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki atau dikuasai siswa setelah menempuh proses belajar mengajar adalah kemampuan intelektual(kognitif), sikap (afektif), dan kemampuan bertindak(psikomotorik). Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas siswa sehingga dapat mendukung tingkat prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu peneliti berangkat kelapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci, dan mendalam pada kasus yang terjadi di SMP N.6 kabupaten muaro jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data di gunakan reflektif thinking dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, serta pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan ketekunan pengamat. Adapun upaya guru agama Islam dalam meningkatkan proses belajar di SMP N.6 kabupaten muaro jambi, yaitu : melakukan perencanaan yang baik dan matang, penggunaan metode bervariasi, menggunakan sarana dan prasarana yang mendukung dengan baik, mengikuti pelatihan yang diselenggarakan sekolah maupun di luar sekolah, memotivasi siswa dan mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan.