PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 33/IV KOTA JAMBI

Main Authors: Fitriana, Nuriza, Magdalena, Rts, Fatmawati, Kiki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/689/1/NURIZA%20FITRIANA%20TPG141145%20-%20Nuriza%20Fitriana.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/689/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Model Pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi dengan menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write, peningkatan pemahaman belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran Matematika. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan pemahaman belajar siswa diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan nilai pemahaman siswa pada siklus I 55,5% dan siklus II 83,5% dengan persentase peningkatan sebesar 28%. Dengan demikian hasil penelitian di Sekolah Dasar Negeri 33/IV Kota Jambi telah mencapai ketuntasan belajar