PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SYGI (STUDY OF GROUP INTEGRATED-INTERCONNECTED) DENGAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 11 TANJUNG JABUNG TIMUR
Main Authors: | Oktaviani, Oktaviani, Shalahuddin, Shalahuddin, Walid, Abul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/688/1/OKTAVIANI%20TM140743%20-%20oktaviani%201510.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/688/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Study of Group Integraed Interconected dengan Ayat-ayat Al-Qur‟an pada pembelajaran matematika yang dilaksanakan di kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk menagatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah yang sama dan difokuskan pada siswa kelas VII C dengan menggunakan metode Study of Group Integraed-Interconected dengan Ayat-ayat Al-Qur‟an. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil dari motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I persentase motivasi belajar siswa kategori tinggi adalah 43,47% . Pada siklus II motivasi belajar siswa kategori tinggi meningkat menjadi 78,26% hal ini berarti bahwa persentase motivasi belajar siswa kategori tinggi telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 70%.