PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH RIYADHUSSOLIHIN

Main Authors: Ningsih, Sri Mulya, Muhsinin, Umil, Sunarto, Sunarto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/684/1/PDF1%20-%20mulya%20lianee.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/684/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Riyadhussolihin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain posstes only control design, sedangkan instrumen penelitiannya dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 siswa, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Data hasil penelitian diperoleh skor tertinggi di kelas eksperimen 100 dan skor terendah 54, dengan rata-rata 78,92 sedangkan dikelas kontrol diperoleh skor tertinggi 87 dan skor terendah 47 dengan rata-rata 69,26. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh = 4,27 pada taraf signifikan antara 5% diperoleh = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,66 dengan demikian 2,00 < 4,27 > 2,66 sehingga diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Riyadhussolihin.