PENGARUH STRATEGI RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASATA SUBULUSSALAM TANJUNG JABUNG TIMUR

Main Authors: Sahrani, Sahrani, Usmar, Ali, Putri, Febriyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/659/1/Sahrani.%20TM.140756%20Tadris%20Matematika%20-%20sahrani%20PM.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/659/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Strategi Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Subulussalam Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 orang siswa dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol berjumlah 26 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar matematika. Data hasil penelitian di peroleh skor tertinggi di kelas eksperimen adalah 100 dan skor terendah 63 dengan rata-rata 79,12, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 96 dan skor terendah 54 dengan rata-rata 70,15. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung= 2,74 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01 dan taraf signifikansi 1% ttabel= 2,68 dengan demikian Sehingga Ha diterima, jadi hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi resource based learning lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di Madrasah Tsanawiyah Swasta Subulussalam Tanjung Jabung Timur.