PENGARUH SHARIAH RELATIONSHIP MARKETING DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG JAMBI

Main Authors: Harleni, Melly, Sissah, Sissah, Prayogo, Youdhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/613/1/SES141203_Melly%20Harleni_Ekonomi%20Syariah%20-%20BK%20-%20ANA%20DWI.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/613/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh Shariah Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi . 2) Menganalisis pengaruh kepuasan nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi 3) Menganalisis pengaruh Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah secara bersama-sama terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi. Jenis dan sumber datayang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh melalui hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden, yang menjadi sampel atau responden dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah mandiri Cabang Jambi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi yang berjumlah 1781 orang. Berdasarkan hipotesis dan tujuan penelitian yang ingin dicapai, maka digunakan metode analisis statistik dengan pendekatan analisis regresi berganda. Adapun yang menjadi variabel bebas (independent) dalam penelitian ini adalah Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah, sementara yang menjadi variabel terikat (dependent) adalah loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi. Di samping itu untuk menguji keabsahan kuisioner digunakan uji validitas dan realibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Nilai konstanta sebesar 2,076 yang berarti bahwa meskipun Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah tidak mengalami perubahan atau sama dengan nol maka loyalitas nasabah akan tetap meningkat sebesar 2,076 point. 2) Setiap terjadi kenaikan Shariah Relationship Marketing sebesar 1 point maka loyalitas nasabah akan mengalami peningkatan sebesar 0,252. Koefisien regresi variabel kepuasan nasabah adalah sebesar 0,249. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan variabel kepuasan nasabah secara positif akan mendorong peningkatan loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri sebesar 0,249. 3) Pengaruh variabel Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi adalah 21 persen, sementara sisanya sebesar 795% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar ke dua variabel independen yang diteliti (Shariah Relationship Marketing dan kepuasan nasabah ).