ANALISIS PENGARUH MERCHANDISE, PROMOSI, ATMOSFIR DALAM GERAI, DAN PELAYANAN RITEL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA TOKO BUKU GRAMEDIA KOTA JAMBI)

Main Authors: Ritonga, Aminul Rasyid, Syukri, Ahmad, Prayogo, Youdhi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/611/1/SES141217%20Aminul%20Rasyid%20Ritonga%20Ekonomi%20Syariah%20-%20Muhammad%20Kurnia.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/611/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bermaksus untuk meneliti pengaruh Merchandise, Promosi, Atmosfir dalam Gerai, dan pelayanan Ritel terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Buku Gramedia Kota Jambi. Dunia pendidikan menjadi salah satu yang harus menjadi salah satu yang harus diutamakan pada saat ini seiring dengan zaman tekhnologi. Untuk menopang agar pendidikan berjalan dengan baik dibutuhkan sarana prasarana yang baik pula salah satunya media untuk digunakan dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah toko buku Gramedia yang menjadi media untuk melengkapi semua yang dibutuhkan untuk menopang dunia pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung yang datang ke Gramedia yang dianggap bisa menjadi sampel penelitian. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Nonprobability Sampling dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Insidental Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang terkandung 18 item pernyataan yang diukur menggunakan skala likert 1 sampai 5 dan diuji oleh validitas dan reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung Gramedia dengan 100 Sampel. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Uji parsial dan Uji kelayakan digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini Hasil menunjukkan bahwa promosi dan pelayanan ritel mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian sig > 0,05 (0,000 < 0,05) dan (0,007 < 0,05). Hasil tersebut berarti bahwa H 0 ditolak dan H a diterima. Kemudian nilai koefisien determinasi menunjukkan bahawa pengaruh mercandise, promosi, atmosfir dalam gerai, dan pelayanan ritel terhadap keputusan pembelian berjumlah 23,5% sedangkan sisanya sebesar 76,5% dipengaruhi oleh factor lain.