PENGARUH ABILITY, MOTIVASI DAN OPPORTUNITY TERHADAP TERBENTUKNYA SHARIA ENTREPRENEUR (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN STS JAMBI)
Main Authors: | Oktaviani, Dian, Madjid, Nazori, Hafiz, Ahsan Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/601/1/SES141274%20DIAN%20OKTAVIANI%20EKONOMI%20SYARIAH%20-%20Aris%20Cahyo.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/601/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ability, motivasi dan opportunity terhadap terbentuknya shariah entrepreneur pada mahasiswa FEBI UIN STS Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui angket/kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 93 orang mahasiswa/i yang mempunyai usaha. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan uji t Ability berpengaruh signifikan terhadap terbentuknya Shariah Entrepreneur karena nilai t hitung >t atau 3,087> 1,658, motivasi berpengaruh signifikan terhadap terbentuknya Shariah Entrepreneur karena nilai t tabel hitung >t atau 4,180>1,658, Opportunity berpengaruh signifikan terhadap terbentuknya Shariah Entrepreneur karena nilai t hitung >t tabel tabel atau 1,767>1,658 Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan bahwa hasil uji F Ability, motivasi, dan Opportunity secara bersamasama berpengaruh signifikan terhadap terhadap terbentuknya Shariah Entrepreneur karena f hitung > f atau 17,709 > 2,71 nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 dari level of signifikan 0,10. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya pengaruh Ability, motivasi, dan Opportunity terhadap terbentuknya Shariah Entrepreneur berdasarkan Adjusted R Square sebesar 0,353 atau 35 %, sedangkan sisanya 65% lainnya dipengaruhi faktor lain