PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA INSAN MADANI BOARDING SCHOOL KOTA JAMBI

Main Authors: AMELYA PERMATA SARI, TM. 161270, El Hilali, Husni, Bestari, Hendra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4396/1/skripsi%20Amelya%20Permata%20Sari%2C%20TM.161270.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4396/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran Talking stick terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Sekolah Menengah Pertama Insan Madani Boarding School Kota Jambi. Teknik pengumpulan data di penelitian ini melalui observasi dan tes, Penelitian ini dilakukan dengan perlakuan Quasi Experimental Design, dengan desain Postest-Only Control Design yaitu terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Dari data yang dideskripsikan ditemui nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 74 dan standar deviasinya 10,45 sedangkan rata-rata kelompok kontrol sebesar 55,5 dan sandar deviasinya 10,30. Hasil analisis di temui dengan Direct Intraction t_hitung=77,90 dan setelah membandingkan antara t_hitung dengan t_tabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% atau 2,04<77,90>2,75. Hipotesis alternatif (H_a) diterima Berarti terdapat perbedaan antara model pembelajaran Talking Stick dalam kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Sekolah menengah pertama Insan Madani Boarding School Kota Jambi. Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan uji korelasi Phi dengan df sebesar 30, diperoleh r_tabel pada taraf signifikansi 5%, = 0,349 dan pada taraf signifikansi 1%, = 0,449. Sedangkan φ = 0,5636. Dengan demikian 0,349 < 0,5636 > 0,449. maka H_oditolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara skor kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.