PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PMR (PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IKHSAN KOTA JAMBI
Main Authors: | EKA SARTIKA PRAMONO SIMANJUNTAK, MTP. 14.2.2172, Yamin, Martinis, Us, Kasful Anwar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4356/1/MTP1422172%20JUDUL%20-%20LAMPIRAN%20FULL%20TEXT.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4356/ |
Daftar Isi:
- Pencapaian tujuan pembelajaran dalam praktiknya bukanlah merupakan hal yang mudah dicapai, terutama yang berkaitan dengan hasil belajar (values). Hal terpenting yang harus dipelajari oleh guru adalah bagaimana menyampaikan materi pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi siswa untuk mempelajarinya. Dengan merasakan materi pembelajaran yang berarti dan bermakna, muncul rasa ingin mempelajari atau mengetahui. Munculnya keinginan itu dapat meningkatkan kreativitas siswa untuk mepelajari. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dan pengembangan Research & Development (R&D) adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan di MI Nurul Ikhsan Kota Jambi. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik validity dan reability dengan jumlah sampel 3 guru dan 25 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Materi bangun ruang terpisah dengan menghitung volume kubus dan balok; (2) jarak antara pembahasan bangun datar dan bangun ruang sangat jauh; (3) contoh materi yang digunakan dalam pembahasan bangun ruang harus relevan dengan kehidupan nyata peserta didik; (4) gambar pada bangun ruang tersebut tidak berwarna. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur dengan batas KKM 70. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 25 orang siswa, memperolehnilaitertinggi 85, terendah 74, dengan rata-rata nilai 79,4 sedangkanpersentasekenaikannilaiadalah 15,4 %. Uji coba perorangan dilakuan dengan mewawancarai 3 orang guru dan 3 orang siswa.Uji coba lapangan dilakukan dengan melaksanakan tatap muka pembelajaran sebanyak 10 kali pertemuan, yang diawali dengan pre-test, dan diakhiri dengan post test, maka buku ajar mata pelajaran Matematika berbasis Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk kelasV semester I MI Nurul Ihsan tersebut efektif.