تأثير إستراتيجية الاستطلاع والسؤال والقراءة واليتلو والمراجعة في ترقية مهارة القراءة لتلاميذ المدرسة الثانوية نور الإيمان اولو كدونججامبي جامبي

Main Authors: Fitria Wulandari, TA161662, Mursyid, Mursyid, Deman, Akhtiar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4354/1/Skripsi%20Fitria%20Wulandari.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4354/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi SQ3R terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa dimadrasah Tsanawiyah Nurul Iman Ulu gedong Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain posttest-only control desaign,metode pengumpulan data yaitu: observasi,tes dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan dengan uji prasyarat Uji normalitas (uji liliefors),Uji homoge iyaa dan Uji pengaruh dengan Uji T /T test. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas VIII c sebagai kelas kontrol yg berjumlah 23 orang siswi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh skor keterampilan membaca bahasa Arab siswa yg menggunakan strategi SQ3R kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 60, rata-rata 83,5, dan standar deviasi 10,85. b). Skor keterampilan membaca bahasa Arab siswa yang tidak menggunakan strategi SQ3R (Kelas control) dengan Nilai tertinggi 87, Nilai terendah 37, rata-rata 67,35, dan standar deviasi 14,99. Sehingga terbukti bahwa nilai keterampilan membaca siswa yang menggunakan strategi SQ3R lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan strategi SQ3R. Berdasarkan perhitungan Uji t diperoleh dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh , taraf signifikansi 1% diperoleh , dengan demikian . Sehingga diterima,yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi SQ3R terhadap peningkatan membaca bahasa arab siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Ulu Gedong Jambi. Berdasarkan perhitungan menggunkan Uji Effect Size diperoleh dimana pada tabel Cohen’s persentasenya adalah 88% sehingga memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan membaca bahasa Arab.