MOTIVASI ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN INSAN ISTIQOMAH SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: Syndi Dwi Putri, TP.161612, Anwar, Kasful, Nazari, Nazari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4351/1/watermark%20syndi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4351/
ctrlnum 4351
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/4351/</relation><title>MOTIVASI ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN INSAN ISTIQOMAH SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI</title><creator>Syndi Dwi Putri, TP.161612</creator><creator>Anwar, Kasful</creator><creator>Nazari, Nazari</creator><subject>000 Karya Umum</subject><subject>370 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Anak dalam Menghafal Al-Qur&#x2019;an di Taman Pendidikan Al-Qur&#x2019;an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kualitatif yang dilihat melalui sudut pandang pendidikan. Subjek penelitian ini adalah guru Taman Pendidikan Al-Qur&#x2019;an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling. Key informan dalam penelitian ini adalah guru mengaji dan Kepala di Taman Pendidikan Al-Qur&#x2019;an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Responden ditetapkan Guru mengaji dan informan tambahan adalah murid dan orang tua yang mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur&#x2019;an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi.&#xD; Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : pelaksanaan Motivasi Anak dalam Menghafal Al-Qur&#x2019;an di Taman Pendidikan Al-Qur&#x2019;an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi sudah berjalan dengan baik dan lancar. Tetapi Minat anak didik dalam menghafal Al-Qur&#x2019;an di sini masih belum maksimal, dan masih banyak yang jarang mengulang hafalan dirumah maupun di Taman Pendidikan Al-Qur&#x2019;an. Hal ini juga dikarenakan banyak pengaruh dari luar dan pengaruh anak yang sudah terlena dengan bermain handphone, sehingga anak lebih senang bermain dibandingkan menghafal. Bentuk motivasi anak dalam menghafal Al-Qur&#x2019;an juga bermacam-macam diantaranya mereka berupaya meningkatkan hafalannya, meningkatkan disiplin menghafal, dan ikut serta dalam perlombaan seperti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) dan Musabaqah Tilawatil Qur&#x2019;an (MTQ).</description><date>2020-04-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/4351/1/watermark%20syndi.pdf</identifier><identifier> Syndi Dwi Putri, TP.161612 and Anwar, Kasful and Nazari, Nazari (2020) MOTIVASI ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN INSAN ISTIQOMAH SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI. Skripsi thesis, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>4351</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syndi Dwi Putri, TP.161612
Anwar, Kasful
Nazari, Nazari
title MOTIVASI ANAK DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN INSAN ISTIQOMAH SIMPANG SUNGAI DUREN KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI
publishDate 2020
topic 000 Karya Umum
370 Pendidikan
url http://repository.uinjambi.ac.id/4351/1/watermark%20syndi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4351/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Anak dalam Menghafal Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kualitatif yang dilihat melalui sudut pandang pendidikan. Subjek penelitian ini adalah guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan purposive sampling. Key informan dalam penelitian ini adalah guru mengaji dan Kepala di Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Responden ditetapkan Guru mengaji dan informan tambahan adalah murid dan orang tua yang mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : pelaksanaan Motivasi Anak dalam Menghafal Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Insan Istiqomah Simpang Sungai Duren Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi sudah berjalan dengan baik dan lancar. Tetapi Minat anak didik dalam menghafal Al-Qur’an di sini masih belum maksimal, dan masih banyak yang jarang mengulang hafalan dirumah maupun di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Hal ini juga dikarenakan banyak pengaruh dari luar dan pengaruh anak yang sudah terlena dengan bermain handphone, sehingga anak lebih senang bermain dibandingkan menghafal. Bentuk motivasi anak dalam menghafal Al-Qur’an juga bermacam-macam diantaranya mereka berupaya meningkatkan hafalannya, meningkatkan disiplin menghafal, dan ikut serta dalam perlombaan seperti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) dan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).
id IOS7065.4351
institution Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
institution_id 1239
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
library_id 1111
collection Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
repository_id 7065
subject_area Education
Islamic
Science
Philosophy
city MUARO JAMBI
province JAMBI
repoId IOS7065
first_indexed 2020-12-19T08:47:39Z
last_indexed 2021-11-20T06:01:37Z
recordtype dc
_version_ 1746641609694380032
score 17.538404