PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 18 KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR
Main Authors: | Melisa, TPG.161919, Jailani, Syahran, Siregar, Nasyariah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4340/1/WATERMARK%20SKRIPSI%20MELISA%20PERBAIKAN1.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4340/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV A di SDN 18 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada pembelajaran TEMATIK kelas IV A SDN 18 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 29 orang siswa di kelas IV A SDN 18 Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPA dalam pembelajaran TEMATIK di SDN 18 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pada tes awal siswa yang tuntas 10 orang (56,4%). Pada siklus I siswa yang tuntas 13 orang (68%). Pada siklus II meningkat menjadi siswa yang tuntas 25 orang (372,2%). Dengan kata lain siklus II sudah memenuhi standar ketuntasan belajar, demikian pula dengan hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan guru. Pada siklus I dan siklus II di kategorikan cukup dan sangat baik. Dari hasil belajar yang diperoleh baik pada siklus I maupun siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPA dalam pembelajaran TEMATIK siswa di SDN 18 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kata kunci : Pendekatan STM, Hasil belajar, IPA