Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat Siswa
Main Author: | Ridwan, Ridwan |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4336/1/jurnal%20Ridwan%20keterbakatan%202014.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4336/ |
Daftar Isi:
- Abstraksi Siswa yang berbakat atau memiliki keterbakatan adalah siswa yang dikategorikan memiliki kemampuan intelektual di atas rata-rata serta memiliki keingintahuan yang besar terhadap lingkungannya terutama lingkungan dimana dia belajar. Disamping itu, mereka juga membutuhkan suasana yang dapat mendukung dalam mengembangkan aktualisasi dirinya. Pada dasarnya potensi keterbakatan yang mereka miliki akan memudahkan mereka untuk mendapatkan prestasi akademik yang memadai. Namun, seringkali dijumpai siswa yang memiliki keterbakatan ini justru menunjukkan perilaku yang tidak sesuai seperti membolos, melanggar disiplin sekolah serta perilaku menganggu teman di kelas. Hal ini tentu saja membuat mereka menjadi siswa yang bermasalah. Untuk itu diperlukan sebuah program yang memadai yang dapat mendukung meningkatkan potensi yang mereka miliki. Disinilah sekolah sangat menetukan dalam mengembangkan keterbakatan siswa. Sebagai ujung tombak terlaksananya program yang efektif maka peran guru menjadi posisi yang sangat sentral dalam menjembatani kebutuhan keterbakatan siswa dan guru juga dituntut untuk dapat memiliki kemampuan profesional dalam mendukung kegiatan program yang dilakukan oleh sekolah.