PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK HERBAL PENAWAR AL WAHIDA (HPA) DI KOTA JAMBI
Main Authors: | Eri Riskawati, EES160373, Sissah, Sissah, Mutia, Agustina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4290/1/Eri%20Riskawati.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4290/ |
Daftar Isi:
- Salah satu pola bisnis yang saat ini sangat marak dilakukan adalah bisnis dengan sistem MLM (Multi Level Marketing) yang merupakan salah satu cabang dari direct selling. Perusahaan MLM adalah perusahaan yang menerapkan sistem pemasaran modern melalui jaringan distribusi yang berjenjang, yang dibangun secara permanen dengan memposisikan pelanggan sekaligus sebagai tenaga pemasaran. Ketika melakukan penjualan, ataupun melakukan pembinaan terhadap jaringan yang dimikinya maka agen telah berjasa kepada perusahaan, atas dasar itulah kemudian perusahaan berterimakasih dengan bentuk memberi sebagian keuntungannya kepada mitraniaga yang berjasa dalam bentuk insentif berupa bonus, baik penjualan pribadi, bonus kepemimpinan, maupun bonus-bonus lainya. Penelitian ini yang berlokasi di Busines Center HNI-HPAI cabang Jambi yang terletak dijalan Pattimura (depan Trona Express ), Kec. Alam Barajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk herbal penawar al wahida (hpa) di kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk herbal penawar al wahida (hpa) di Jambi dan sampel sebagai responden penelitian akan diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan rumus slovin yaitu 100 konsumen yang ditemui pada saat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 8,673 lebih besar dari F tabel 3,09, yang berarti secara simultan terdapat pengaruh pada harga (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap kepuasan konsumen produk herbal penawar al wahida (hpa) di jambi. Secara parsial terlihat bahwa semua variabel bebas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, yaitu variabel harga (X1) sebesar 2,089 lebih besar dari t tabel sebesar 1,984 dan kualitas produk (X2) sebesar 2,166 lebih besar dari nilai t tabael 1,984. Berdasarkan hasil yang dillihat dari koefisien beta, variabel yang paling berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsumen ialah variabel Kualitas Produk yang memiliki koefisien beta sebesar 0,231 lebih besar dari koefisien beta variabel harga yang hanya sebesar 0,22.