UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ITTIHAD KOTA JAMBI
Main Authors: | Nur Laily Sa'adah, TPG161934, Idris, Ilyas, Al Ihwanah, Al Ihwanah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4286/1/Skripsi%20Nur%20Laily%20Sa%27adah%202020.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4286/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam menanamkan perilaku prososial siswa di kelas v madrasah ibtidaiyah nurul ittihad kota jambi. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu (1) mengidentifikasi bentuk perilaku prososial siswa; (2) menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan perilaku prososial siswa.; dan (3) menganalisis kesulitan guru dalam menanamkan perilaku prososial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian ini ialah siswa, guru, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku prososial yang muncul pada siswa kelas V sekolah dasar adalah menolong (helping), berdermawan (donating), berbagi (sharing), bertindak jujur (honesty), dan kerjasama (cooperating). Hal tersebut ditunjukkan siswa sesuai dengan aktivitas siswa baik di dalam maupun diluar kelas. Upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan perilaku prososial siswa yaitu memotivasi, modeling, menegakkan tata tertib, dan aksi social. Memberikan motivasi merupakan upaya yang dominan dalam menanamkan serta mengembangkan perilaku prososial siswa. Selanjutnya, Kesulitan dalam pengembangan perilaku prososial siswa berupa keterbatasan guru untuk memantau siswa, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua siswa dalam menanamkan perilaku prososial, siswa berperilaku anti social disekolah disebabkan karena ia meniru perilaku dewasa diluar sekolah.