PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Main Authors: MERI HANDAYANI, TP. 161509, Huda, Huda, Walid, Abul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4277/1/PERBAIKAN-Meri%20Handayani-1.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4277/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa dalam pembelajaran PAI guru masih menggunakan metode ceramah dan belum memaksimalkan penggunaan media, sehingga proses belajar siswa terkadang kurang kondusif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari dua siklus, data diambil melalui teknik pengumpulan data berupa data hasil observasi aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual serta hasil belajar. Media audio visual merupakan salah satu media belajar yang menggabungkan antara gambar dan suara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dapat meningkat secara bertahap yaitu dari tahap prasiklus 36 %, pada Siklus I 50 %, dan pada Siklus II 86 %, dan jumlah peningkatan hasil belajar dari Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II adalah 50 %. Berdasarkan deskripsi data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep pelajaran Pendidikan Agama Islam hal tersebut dilihat dari hasil tes yang meningkat disetiap siklusnya. Pendidikan yang bermutu dapat tercermin dari penilaian hasil belajarnya, artinya semakin bermutu tingkat layanan pendidikannya semestinya hasil belajarnya juga semakin baik.