PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL - FALAH KOTA JAMBI

Main Authors: PUTRIE PRIHATININGTYAS, TP.161556, Jamil, Zawaqi Afdal, Syahbani, Nispi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4241/1/TP.%20161556%20-%20Penggunaan%20Model%20Problem%20Based%20Learning%20Untuk%20Peningkatan%20Hasil%20Belajar%20Bidang%20Studi%20Pendidikan%20Agama%20Islam%20Dan%20Budi%20Pekerti%20Siswa%20Kelas%20VIII%20Di%20Sekolah%20Menengah%20Pertama%20Islam%20Al%20-%20Falah%20Kota%20Jambi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4241/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi khususnya pada pokok bahasan materi Puasa guru lebih berorientasi kepada teacher center. Sehingga siswa-siswi kelas VIII di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi kurang aktif dan tidak kritis dalam menanggapi suatu pembelajaran. Kondisi seperti itu tidak akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan tidak melatih siswa untuk berpikir secara kritis pada materi Puasa. Akibatnya nilai akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Berdasarkan nilai ulangan dari buku nilai guru, siswa kelas VIII nilai hasil belajarnya masih tergolong rendah, dari data yang diperoleh peneliti di sekolah tersebut hasil belajar siswa pada materi Puasa yang belum tuntas 18 orang atau 64,28% siswa mendapatkan nilai dibawah standar ketuntasan batas minimum (KBM), dan 10 orang atau 35,71% diantaranya memperoleh nilai diatas standar ketuntasan batas minimum (KBM). Rata-rata nilai ulangan harian Pendidikan Agama Islam siswa yang didapatkan sebesar 59,65 sedangkan standar ketuntasan yang telah ditetapkan sekolah adalah 75. Terlihat jelas bahwa rendahnya hasil belajar mayoritas siswa pada materi tersebut perlu ditingkatkan. Dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menanggapai persoalan maka akan meningkat juga hasil belajar siswa.