PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 KUALA TUNGKAL

Main Authors: Rizka Nur Fauziah, TP.161578, Tabroni, Tabroni, Ridwan, Ridwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4232/1/SKRIPSI%20RZKA%20WATERMARK.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4232/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kuala Tungkal Jambi, dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, tidak jarang ditemui sejumlah siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mencapai tujuan pengajaran, seperti dalam materi hapalan ayat Al qur’an, siswa banyak yang mengeluh karena mereka tidak bisa mengaji, kemudian pada praktek shalat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian Kesulitan belajar yang dihadapi siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kuala Tungkal Jambi antara lain: Siswa lambat menerima pelajaran, Memahami dan Menghafal pelajaran dan Kurangnya Motivasi siswa dalam belajar. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa antara lain: Memberikan perhatian khusus kepada siswa yang bersangkutan, Memberikan motivasi belajar kepada siswa dan Bekerjasama dengan seluruh komponen sekolah dan Orangtua. Hasil yang dicapai antara lain: Pendekatan terhadap siswa yang sulit memahami pelajaran, Pendekatan terhadap siswa yang sulit menghafal pelajaran, Siswa sudah mulai bersemangat dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan mulai berusaha dalam menerima pelajaran, sehingga pada saat ulangan didapatklan nilai siswa telah cukup baik dan tuntas.