PERAN GURU KELAS DALAM MENGATASI BULLYING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 215/VIII SUNGAI TIUNG KABUPATEN TEBO

Main Authors: Umi Nur Asiyah, TPG161980, Muhsinin, Umil, Tabroni, Tabroni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4219/1/TPG161980%20Judul-Lampiran%20Fulltext.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4219/
Daftar Isi:
  • Bullying adalah suatu tindakan yang melibatkan kekerasan baik fisik maupun psikologis yang dilakukan oleh individu atau kelompok kepada orang lain secara sengaja agar orang tersebut merasa takut ataupun tertekan. Bentuk perilaku bullying antara lain bullying fisik, verbal, dan psikologis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara rinci bentuk perilaku bullying, mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan guru untuk dapat mengatasi bullying. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) bentuk perilaku bullying yang terjadi adalah bullying verbal dan bullying psikis/psikologis. 2) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi bullying adalah dengan memanggil siswa yang bersangkutan dan mencari permasalahn yang terjadi, jika sudah menemukan permasalahannya, maka guru memanggil satu persatu siswa tersebut secara terpisah dan siswa dibuatkan surat perjanjian untuk tidak mengulanginya lagi, jika permasalahan tidak selesai dengan guru kelas maka pihak sekolah akan memanggil orang tua/wali siswa untu diselesaikan permasalahannya dengan kepala sekolah. Kata kunci : Upaya, guru, bullying.