ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA JAKOZ OLEH-OLEH KHAS JAMBI
Main Authors: | Putri Wulandari N, EES160540, Majid, Nazori, Kurniawan, Bambang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4201/1/EES160540%20Judul-Lampiran%20fulltext.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4201/ |
Daftar Isi:
- Tulisan ini berjudul analisis pengembangan produk dalam meningkatkan daya saing pada usaha Jakoz oleh-oleh khas Jambi. Jakoz sebagai pusat oleh-oleh khas Jambi yang sudah cukup lama berdiri khususnya pada produk oleh-oleh kaos mempunyai visi menjadi destinasi utama cinderamata terlengkap dan terbesar di Indonesia dengan terus berkembang dan berpikir positif dalam menghadapi persaingan yang ada. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses tahapan pengembangan produk dilihat dari teori Philip Kotler dan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Jakoz telah melaksanakan proses tahapan pengembangan produk dengan baik dan sistematis sesuai dengan teori Philip Kotler. Untuk meningkatkan daya saing Jakoz juga telah menjalankan strategi bauran pemasaran yang baik dan matang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi untuk mempengaruhi pembeli sehingga tujuan perusahaan dalam strategi pemasaran dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan meskipun pada tahap startegi pemasaran yang dilakukan belum maksimal. Hal ini didasari karena kurang gencarnya promosi dimedia sosial dan belum adanya kebijakan strategis pemerintah dalam promosi pada sektor pariwisata khususnya dibidang toko oleh-oleh. Selanjutnya Faktor-faktor yang dapat meningkatkan daya saing Jakoz adalah produk kaos yang mempunyai ciri khas tersendiri, bahan baku berkualitas premium dan mudah didapat, pemilik Jakoz yang juga seorang coach bisnis dan tim Jakoz yang mempunyai kreativitas yang tinggi.