EFEKTIVITAS PROGRAM TAHFIDZ JUZ 30 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR
Main Authors: | Lia Afriani, TP161493, Anwar, Kasful, Julis, Dailami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4173/1/SKRIPSI%20LIA%20AFRIANI%20TEPAT.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4173/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatar belakangi oleh pertama masih banyak siswa dan siswi yang tidak hafal secara maksimal karena kurang cocoknya metode yang digunakan dalam menghafal. Yang kedua metode yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kab. Tanjung Jabung Timur hanyalah metode menghafal dan tasmi’, sehingga para siswa banyak lupa akan hafalannya karena kurangnya muraja’ah dari hafalannya tersebut . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru, data skunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan permasalahan diatas kendala yang peneliti dapatkan yaitu(1)Kurangnya kesadaran siswa dalam menghafal, (2) Faktor lingkungan dan teman yang belum mendukung, dan (3) Rendahnya motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku siswa, yaitu beraneka ragam ada yang rajin menghafal, ada juga yang malas dalam menghafal ataupun setoran surah.Program inimerupakanpendidikan yang mengembangkan pembelajaran hafalan surat pendek juz 30. Hal ini dilakukan untuk melatih atau membentuk karakter siswa, agar memiliki jiwa keagamaan. Program tahfidz menghafal juz 30 ini ditinjau dari kesusuaian visi dan misi sekolah,program yang tersedia serta target hafalan juz 30 yang harus dicapai siswa. Upaya guru dalam meningkatkan hafalan ataupun setoran surah yang telah ditentukan ialah (1)pemberian motivasi dan penguatan, (2) menciptakan lingkungan yang kondusif (3) memberikan dorongan dan member reward.