PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS III PEMBELAJARAN TEMATIK MI MUHAJIRIN KOTA JAMBI
Main Authors: | Eva Ayu Kurniati, TPG.161875, Muhsinin, Umil, Fatmawati, Kiki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4166/1/eva%20skripsi%20pdf2.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4166/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan sebagaimana pengamatan awal di kelas III MI Muhajirin Kota Jambi. peneliti menemukan siswanya memiliki tingkat Keaktifan belajar siswa masih kurang aktif, kurang aktif 42%, aktif 19% dan cukup aktif 39%. Keaktifan siswa tergolong rendah tidak memenuhi standar (KKM). Sehingga yang menjadi pokok permasalahan adalah kurangnya keaktifan belajar siswa. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas III Pembelajaran Tematik MI Muhajirin Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa dari Penggunaan Media Puzzle dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III MI Muhajirin Kota Jambi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggar yang terdiri dari 2 siklus. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil angket yang digunakan untuk mengukur keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III MI Muhajirin Kota Jambi. Dengan nilai angket keaktifan belajar siklus I sebesar 70% dan siklus II sebesar 87%. Kedua data pada siklus I dan siklus II telah valid atau sahih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Puzzle dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran.