PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI
Main Authors: | Maika Aprienti, TM161321, Murtadlo MS, Ali, Wulanda, Mastarita Nova |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4123/1/TM161321%20Pengaruh%20Penggunaan%20Software%20Geogebra%20Terhadap%20Pemahaman%20Konsep%20Matematis%20Siswa%20di%20Madrasah%20Tsanawiyah%20Negeri%205%20Kota%20Jambi.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4123/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan software Geogebra terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi fungsi kuadrat di kelas IX MTsN 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design yaitu posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C, IX D dan IX E MTsN 5 Kota Jambi yang terdiri atas 110 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan model yang sama yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing, masing-masing kelas terdiri atas 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian dengan jumlah soal 6 butir. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data uji-t dan uji effect size. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh . Dan hasil dari perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s diperoleh dengan kriteria interpretasi nilai sebesar 93.3% yaitu kategori tinggi. Dari hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa penggunaan software Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi, hasil penelitian ini menyarankan agar guru dapat menerapkan media berbasis software yaitu Geogebra dalam pembelajaran Matematika.