PENGATURAN TEMPAT DUDUK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI

Main Authors: Mesan despa, TPG.161922, Ahmad, Saidah, Siregar, Nasyariah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4056/1/SKRIPSI%20%28Mesan%20despa%29.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4056/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran Tematik di kelas III MI An-Nizham melalui pengaturan tempat duduk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III MI An-Nizham tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik mengalami peningkatan. Terbukti pada jumlah skor pada pengamatan motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 36%, siklus II yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui PTK dapat disimpulkan bahwa siklus I sampai siklus II menunjukkan bahwa pengaturan tempat duduk siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik sehingga dapat mempengaruhi peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas III MI An-Nizham Kota Jambi.