PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA MACROMEDIAFLASH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWAYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI

Main Authors: Safitriani, TM.161363, Hurmaini, Hurmaini, Meslita, Rima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/4052/1/Skipsi%20Safitriani%20Tm.161363.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/4052/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari bukti, menjawab pertanyaaan dan mengetahui kejelasan dan kepastian tentang signifikan tidaknya pengaruh hasil penerapan model Realistic Multimedia Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Madrasah Tsanawayah Laboratorium Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu one Grup Pretest –posttes Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan terhadap kemampuan penalaran matematika. Sampel penelitian berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Multimedia Macromedia Flash,.Hasil perhitungan nilai tes uji t dengan taraf signifikan 5%=2,018sedangkan 1% t_tabel =2,83dan diperoleht_hitung=4,58 Karena nilai t_hitung≥t_tabelyaitu 2,018<4,58>2,83. Setelah melakukan perhitunganpada uji phi, demikian diperoleh “” didapat _tabel<_hitung>_tabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf 1% atau 5%<_o>1% yaitu 0,2972<0,8652>0,3843. Hal ini menunjukkan bahwa H_a diterima dan H_0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam Pengaruh Penggunaan Multimedia Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Sumbangan media macromedia flash memberikan kontribusi sebesar 30,11 % terhadap kemampuan penalaran matematika sisanya 69,89 % dipengaruhi faktor lain.