PELAKSANAAN SHALAT BERJEMAAH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MUARO JAMBI
Main Authors: | SRI AGUSTINA, TP.151468, Iskandar, Iskandar, Syahbani, Nispi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/4051/1/SRI%20AGUSTINA.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/4051/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatar belakangi oleh pertama siswa kurang mengamalkan program dan melaksanakan kegiatan ini, hal ini terlihat dari tingkah laku para anak tersebut dalam kehidupan sehari-hari yang cenderung tidak mengerjakan sholat wajib, ketika waktu shalat sudah datang mereka masih asik bermain, ketika sedang shalat berjemaah di masjid mereka mengganggu yang lain. Kedua, siswa masih kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya shalat berjemaah. Ketiga, kurangnya pengawasan orang tua di rumah terhadap ibadah siswa, sehingga siswa hanya melaksanakan shalat ketika di sekolah saja akibatnya kesadaran akan shalat tersebut tidak tertanam dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan shalat berjemaah, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan shalat berjemaah dan hasil yang dicapai setelah pelaksaan shalat berjemaah siswa. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field recearch). Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu: guru fiqih, data skunder yaitu: siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan shalat berjemaah pada kelas VII di MTsN 2 Muaro Jambi, yaitu dengan shalat berjemaah, membuat agenda shalat. Faktor pendukung dan penghambat siswa disiplin dalam sholat berjamaah, yaitu siswa cenderung terpengaruh dengan media masa dan lingkungan, sering juga terpengaruh dengan latar belakang pendidikan orang tua, terkadang dari sifat anak yang malas. Hasil yang dicapai guru Fiqih untuk meningkatkan kedisiplinan shalat berjemaah siswa kelas VII di MTsN 2 Muaro Jambi, memulai pendidikan dari masa dini, kemudian dari dalam diri guru itu sendiri dengan cara memberikan contoh atau menjadi tauladan bagi siswanya di sekolah, siswa dibina dan diberikan nasehat, kemudian diajarkan melalui pembiasaan dan latihan, setelah itu langsung dipraktekkan, kemudian diberikan motivasi dan hukuman yaitu: 1) Melalui shalat berjama‟ah, 2) selalu Diingatkan di Setiap Waktu Shalat, yang hasilnya dapat meningkatkan kedisiplinan shalat siwa di MTsN 2 Muaro Jambi