PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA PETAJEN KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI)

Main Authors: Cahyo Widiyanti, UK.160122, Sururuddin, Sururuddin, Nugroho, Agus Slamet
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3956/1/SKRIPSI%20Cahyo%20Widiyanti%20%28KPI%29.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3956/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini adalah Komunikasi persuasif Da’i dilakukan melalui kegiatan tausiah singkat oleh Da’i pada kegiatan pengajian majlis taklim. Proses komunikasi persuasif Da’i pada masyarakat yaitu: (1) Pendekatan; (2) Menciptakan perhatian (attention) dengan metode Assosiasi, Integrasi, Pay-off and Fear arousing, dan Icing; (3) Sesi tanya jawab dan diskusi; (4) melakukan komunikasi secara personal. Faktor pendukung komunikasi persuasif Da’i pada masyarakat yaitu: kemampuan Da’i dan keinginan masyarakat. Faktor penghambat komunikasi persuasif Da’i yaitu: Kondisi, waktu dan kurangnya sarana dan prasarana. Bentuk Perubahan perilaku masyarakat yaitu: (1) Aspek kognitif ; (2) Aspek afektif; (3) Aspek behavioral yaitu terbentuknya kebersamaan dan persatuan, meningkatnya ukhuwah islamiyah, semakin baik dalam perilaku berpakaian dan meningkatnya semangat beribadah. Rekomendasi penelitian ini adalah: (1) Kepada perangkat Desa Petajen untuk lebih bisa memberikan fasilitas pada kegiatan pengajian di masyarakat; (2) Kepada masyarakat lebih meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan pengajian; (3) Kepada Da’i jangan cepat merasa puas dengan hasil yang sudah didapatkan, justru menjadi tantangan bagi Da’i agar dapat meningkatkan dan mempertahankan pengaruh positif tersebut.