STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: AYATULLAH KUMAINI, TP.161429, Armida, Armida, Tabroni, Tabroni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3927/1/SKRIPSI%20AYATULLAH.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3927/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan skunder. Untuk memperoleh data tersebut peneliti menggunakan metode Obsevasi, Dokumentasi, dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan kedisiplinan belajar siswa, kendala guru akidah akhlak, dan bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan disiplin belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Muaro Jambi yakni masih lemahnya minat belajar siswa, siswa kurang introspeksi diri, dan masih lemahnya hukuman siswa. Kendala guru yakni siswa suka membuat kegaduhan di dalam kelas, siswa ada yang merokok dan membawa handphone serta membolos masuk kelas. Strategi guru yakni guru memberikan pengarahan, guru memberikan nasihat, dan guru memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar kedisiplinan.