PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TOPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI

Main Authors: Bella Maulidya, TPG161858, Mahluddin, Mahluddin, Ikhtiati, Ikhtiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/3921/1/BELLA%20MAULIDYA.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/3921/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema Energi dan Perubahannya di kelas III.5 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III.5 MIN Kota Jambi yang berjumlah 30 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil observasi sebagai data primer, serta tes hasil belajar sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran tematik di kelas III.5 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Dari data rata-rata hasil evaluasi belajar siswa meningkat, yaitu dari pra siklus sebesar 52,5 dengan kategori sangat kurang, meningkat menjadi 71,53 dengan kategori cukup pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85,5 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Tahapan siklus ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dikarenakan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.